Teknik menjatuhkan diri dan teknik mengguling Olahraga Judo

Category : JUDO, POJOK ARTIKEL
Teknik menjatuhkan diri dan teknik mengguling Olahraga Judoby adminon.Teknik menjatuhkan diri dan teknik mengguling Olahraga JudoTeknik menjatuhkan diri dan teknik mengguling Olahraga Judo, dalam keahlian ini,kita akan dapat menguasai posisi diri ketika lawan ingin melakukan jatuhan atau bantingan,sehingga dengan menguasai teknik ini kita tidak akan ragu lagi akan cedera ketika lawan melakukan bantingan. Jatuh belakang – Jatuh belakang atau ushiro ukemi yang diamana dalam posisi ini,kaki disatukan serta tangan juga […]

Teknik menjatuhkan diri dan teknik mengguling Olahraga Judo, dalam keahlian ini,kita akan dapat menguasai posisi diri ketika lawan ingin melakukan jatuhan atau bantingan,sehingga dengan menguasai teknik ini kita tidak akan ragu lagi akan cedera ketika lawan melakukan bantingan.

Teknik menjatuhkan diri

Jatuh belakang

– Jatuh belakang atau ushiro ukemi yang diamana dalam posisi ini,kaki disatukan serta tangan juga disatukan, kemudian jatuhkan punggung ke arah matras dengan memposisikan tangan lurus di samping tubuh (seperti terlentang) lalu telapak tangan menyentuh lantai (posisikan punggung tangan diatas) untuk menahan jatuh. setelah itu lindungi bagian belakang kepala dengan cara menekuk kepala turun hingga dagu menyentuh tubuh.

Jatuh samping

– Jatuh samping atau yoko ukemi mulai dari posisi berdiri,setelah itu jatuhkan diri ke belakang kemudian angkat kedua kaki satu persatu,angkat kedua tangan di depan tubuh dan berguling ke kanan atau kiri matras (caranya sama saja) dan kepala harus tetap dilindungi untuk tidak memyentuh laintai.lalu tahan tubuh dengan telapak tangan kanan dengan posisi punggung tangan diatas,untuk jatuhan samping kiri sama saja dengan menggunakan telapak tangan kiri.

Jatuh depan

– Jatuh depan atau mae ukemi mulai dengan menjatuhkan diri ke depan dengan posisi kedua telapak tangan di depan muka dan sikut ditekuk.jatuh tertelungkup yang kemudian ditahan dengan kedua tangan serta badan diluruskan, otot perut dikencangkan dan tahan tubuh dengan kedua tangan dan jari kaki serta lutut diangkat tidak menyentuh matras.

Guling depan

– guling depan atau mae mawari ukemi dapat digunakan saat kita dilempar oleh lawan. mulai dari posisi berdiri lalu kaki kanan dimajukan serta telapak tangan kiri sentuhkan di lantai. setelah itu posisikan bahu kanan untuk kemudian dilemparkan ke depan (melakukan gulingan) dengan posisi telapak tangan menghadap ke belakang,cara ini dilakukan bersamaan dengan kedua kaki menapak lantai serta berguling ke depan. kedua kaki,tangan haruslah dapat menyentuh lantai secara bersamaan.

Editor : Baiti

Author: 

Related Posts

Leave a Reply