Tips Tata Cara Olahraga Pagi Yang Benar Sesuai Urutan

Category : POJOK ARTIKEL
Tips Tata Cara Olahraga Pagi Yang Benar Sesuai Urutanby adminon.Tips Tata Cara Olahraga Pagi Yang Benar Sesuai UrutanTips Tata Cara Olahraga Pagi Yang Benar Sesuai Urutan, Pentingnya mengetahui teknik olahraga yang benar adalah supaya olahraga yang kita lakukan akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan dan tubuh kita. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, manfaat lain melakukan olahraga pagi adalah terhindar dari berbagai jenis penyakit. Mulai dari sakit ringan seperti flu, deman, dan batuk, […]

Tips Tata Cara Olahraga Pagi Yang Benar Sesuai Urutan, Pentingnya mengetahui teknik olahraga yang benar adalah supaya olahraga yang kita lakukan akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan dan tubuh kita. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, manfaat lain melakukan olahraga pagi adalah terhindar dari berbagai jenis penyakit. Mulai dari sakit ringan seperti flu, deman, dan batuk, sampai penyakit ganas seperti serangan jantung, stroke, maupun gangguan pernafasan.

Berikut Adalah Tata Cara Olahraga Pagi Yang Benar Sesuai Urutan

  1. Dianjurkan Minum air putih sebelum olahraga

Minum air (putih) saat hendak melakukan olahraga sangatlah dianjurkan. Bahkan yang lebih baik lagi kalau Anda sering minum air putih setelah bangun tidur karena bisa mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Sebelum memulai olahraga, biasakan minumlah dua sampai 3 gelas air putih agar tubuh tidak kekuarangan cairan (dehidarasi) sekaligus untuk menjaga daya konsentrasi otak saat berolahraga.

2. Memakan buah ataupun Oatmeal

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga adalah pisang, karena pisang dapat dicerna secara cepat untuk kemudian diolah menjadi energi. Satu buah pisang menyediakan magnesium, karbohidrat, serta kalium yang bermanfaat bagi anda.Apabila anda berencana melakukan kegiatan olahraga yang memakan waktu lama, sebaiknya menyempatkan waktu untuk sarapan. Jika memungkinkan, pilihlah Oatmeal karena kandungan karbohidrat dan protein yang terbilang tinggi. Hindari makan makanan yang banyak mengandung serat dan lemak.

3. Dimulai dari jam 5 pagi

Untuk mendapatkan hasil yang menyegarkan ada baiknya Anda memulai olahraga pagi tepat pada pukul 5 pagi. Karena pada waktu tersebut hawa pagi masih terasa sejuk, tidak dingin dan tidak panas, kondisi udara pada jam 5 akan menyehatkan organ paru-paru. Manfaatnya Anda akan terhindar dari gangguan pernafasan.

4. Jangan Lupa Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraga

Melakukan pemanasan sebelum olahraga pagi hukumnya wajib! Coba Anda bayangkan : setelah semalaman otot tubuh beristirahat, tiba-tiba anda langsung memaksanya lari keliling komplek. Tentu otot-otot akan kaget dan beresiko terkena kram atau bahkan pusing-pusing sakit kepala.  Pemanasan atau stretching bisa dilakukan sekitar 5 – 10 menit dengan gerakan sederhana seperti yang pernah diajarkan di sekolah.

5. Melakukan jogging ringan

Setelah meregangkan otot melalui pemanasan, tahap selanjutnya adalah joging (lari-lari kecil) mengelilingi komplek atau cukup sekitar rumah saja.

6. Melanjutkan Berolahraga pagi sesuai hobi

Selain memberikan kesehatan bagi tubuh manfaat lain yang paling utama dari berolahraga di pagi hari adalah kondisi jiwa dan mental yang sehat. Tentu akan percuma jika anda melakukan olahraga tanpa perasaan suka cita.  Oleh karena itulah, pilih jenis olahraga yang anda sukai dan sesuai dengan hobi masing-masing. Bisa bersepeda, bulu tangkis, bola basket atau sekedar lari beberapa kali putaran.

Nah, Itulah artikel Tata Cara Olahraga Pagi Yang Benar Sesuai Urutan, agar bermanfaat bagi tubuh Anda. Dari penjabaran di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa olahraga pagi yang baik dimulai dari minum air putih sebelum berangkat pemanasan. Yang tidak kalah penting, pilihlah olahraga yang sesuai dengan hobi anda masing-masing agar didapat manfaat yang lengkap yaitu sehat jasmani dan rohani.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply