Sejarah Dan Perkembangan JUDO Di Jepang

Category : JUDO, POJOK ARTIKEL
Sejarah Dan Perkembangan JUDO Di Jepangby adminon.Sejarah Dan Perkembangan JUDO Di JepangJudo dulunya berasal dari Jujitsu. Nenek moyang orang Jepang yang hidup di jaman Jomon (5000 SM) dan jaman Yayoi di abad 2 – 3 Masehi telah belajar teknik-teknik membanting, memukul, menendang dan mengunci orang agar berhasil dalam pertarungan antara sesama manusia maupun untuk berburu binatang. Selama masa Nara (552-793 M) kekaisaran menerapkan tiga macam ilmu militer […]

Judo dulunya berasal dari Jujitsu. Nenek moyang orang Jepang yang hidup di jaman Jomon (5000 SM) dan jaman Yayoi di abad 2 – 3 Masehi telah belajar teknik-teknik membanting, memukul, menendang dan mengunci orang agar berhasil dalam pertarungan antara sesama manusia maupun untuk berburu binatang.

Selama masa Nara (552-793 M) kekaisaran menerapkan tiga macam ilmu militer yaitu panahan, panahan berkuda dan gulat sumo. Seseorang yang memiliki ketiga jenis ilmu tersebut dapat mencapai status yang tinggi. Waktu itu negara Jepang kurang bersatu dan sering terjadi pemberontakan hingga menimbulkan keinginan seseorang untuk menguasai ilmu beladiri yang sempurna. Gulat sumo mengalami transisi dari bentuk ritual ke bentuk militer, bersamaan penaklukan daerah-daerah timur oleh Sakanoue dimana banyak pendekar Samurai berlatih sumo. Pada waktu itu para pegulat sumo berpakaian lengkap dalam latihan, berbeda dari sekarang dimana mereka hampir tidak berbaju.

Sejarah Dan Perkembangan JUDO Di Jepang

Di masa Heian (794-1184 M) kelompok-kelompok Genji dan Keike saling berebut supremasi. Guru-guru beladiri militer Yaroigumi (bertarung dengan memakai pelindung) dan Katchu Gumi Uchi (bertarung dengan memakai penutup tubuh dari logam) diorganisir secara besar-besaran dan mengalami penyempurnaan selama masaa Kamakura (1185-1392 M).

Sistem pendekar perang berkuasa dimulai semasa Muromachi (1392-1573 M) sampai masa Sengoku (1477-1582 M). Pada masa itu tidak ada stabilitas sosial karena para panglima perang saling berebut kekuasaan. Sementara itu kelompok-kelompok samurai dan kelompok warga negara biasa yang sebelumnya telah belajar ilmu bela diri turut menunjang perkembangan Jujitsu Kogusoku dan Koshi No Mawari.

Dari masa Azuchi sampai masa Momoyama (1573-1615 M) bentuk-bentuk ritual sumo menjadi popular kembali. Gulat dalam bentuk modern mulai muncul dan pembagian yang jelas berbagai jenis pertarungan mewarnai keanekaragaman Jenis beladiri yang sekarang ini memiliki berbagai nama dan aliran dalam perkembangannya.

Judo mulai diikutsertakan pada Kejuaraan Nasional Jepang tahun 1948. Pada tahun itu juga terbentuk Federation Judo Eropa yang didirikan di London. Tahun 1949 berdiri Federation Judo Jepang dan pertandingan antara timur dan barat mulai diadakan. Banyak pejudo-pejudo senior dikirim ke luar negeri untuk mengembangkan minat judo dan mengikuti mengikuti berbagai kejuaraan Internasional di Asia, Eropa, dan Amerika. Akhirnya Judo menjadi berita hangat sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan pada Olympiade 1964 Tokyo

Author: 

Related Posts

Leave a Reply