Peraturan Pertandingan Judo

Category : JUDO, POJOK ARTIKEL
Peraturan Pertandingan Judoby adminon.Peraturan Pertandingan JudoPeraturan kelas pertandingan Peraturan pertandingan judo dapat diadakan secara perorangan dan juga beregu. Beberapa kompetisi membagi Peraturan pertandingan menjadi 3 kategori, yaitu berdasarkan berat tubuh, berdasarkan tingkatan, dan berdasarkan  umur. Namun ada juga yang tidak mengenal pembagian apapun.   Lama pertandingan Lama pertandingan judo berlangsung selama 3-20 menit.   Menentukan Pemenang Pemenang ditentukan dengan jalan […]
  • Peraturan kelas pertandingan

Peraturan pertandingan judo dapat diadakan secara perorangan dan juga beregu. Beberapa kompetisi membagi Peraturan pertandingan menjadi 3 kategori, yaitu berdasarkan berat tubuh, berdasarkan tingkatan, dan berdasarkan  umur. Namun ada juga yang tidak mengenal pembagian apapun.

 

  • Lama pertandingan

Lama pertandingan judo berlangsung selama 3-20 menit.

 

  • Menentukan Pemenang

Pemenang ditentukan dengan jalan judoka (Pejudo) yang memperoleh nilai tertinggi. Perolehan nilai yaitu jika seorang judoka dapat membanting atau mengkunci lawan. Jika setelah waktu yang ditentukan  habis pemain dengan nilai lebih tinggi yang menjadi pemenangnya.

Peraturan Pertandingan Judo

Sistem penilaian dalam pertandingan judo adalah sebagai berikut:

Satu angka (ippon) dapat diperoleh dengan jalan:

  1. Bantingan (nage waza): Jika judoka dapat mengungguli teknik lawan dengan membantingnya dengan tenaga dan kecepatan dengan punggung membentur lantai terlebih dahulu.
  2. Kuncian (katame waza): Jika judoka berhasil mengunci lawan sehingga ia mengucapkan kata “Aku menyerah!” (maitta), atau menepuk lantai dua kali dengan tangan atau kaki, pingsan, atau jika kuncian tersebut berlangsung paling sedikit 30 detik (osae waza) dan diumumkan bahwa pertandingan berakhir (osae komi)

 

Setengah angka (waza ari) dapat diperoleh dengan cara:

  1. Bantingan: Jika teknik judoka cukup bagus namun tidak sampai layak untuk menerima angka penuh.
  2. Kuncian: Jika judoka berhasil mengunci lawannya selama paling tidak 25 detik.
  3. Dua waza ari berarti satu angka, namun setengah angka saja tidak cukup untuk menentukan seorang pemenang, maka oleh para perancang pertandingan dibuatlah sistem angka tambahan.

 

Jika jumlah nilai yang diperoleh kedua judoka sama, biasanya akan ditentukan dengan cara pemungutan suara dari kedua hakim sudut dan juri (dengan total tiga suara).

 

Author: 

Related Posts

Leave a Reply