Peraturan Pertandingan Gulat

Category : GULAT, POJOK ARTIKEL
Peraturan Pertandingan Gulatby adminon.Peraturan Pertandingan GulatSesuai dengan umur, olahraga gulat dibagi dalam kelompok sebagai berikut  : 1.       Gulat Mini                       :                6 – 12 tahun 2.       Gulat anak-anak               :              13 – 16 tahun 3.       Gulat Yunior                     :              17 – 20 tahun 4.       Gulat Senior                    :           di atas 20 tahun Pertandingan olahraga gulat dilakukan di atas matras berukuran 12 […]

Sesuai dengan umur, olahraga gulat dibagi dalam kelompok sebagai berikut  :
1.       Gulat Mini                       :                6 – 12 tahun
2.       Gulat anak-anak               :              13 – 16 tahun
3.       Gulat Yunior                     :              17 – 20 tahun
4.       Gulat Senior                    :           di atas 20 tahun

Peraturan Pertandingan Gulat

Pertandingan olahraga gulat dilakukan di atas matras berukuran 12 x 12 meter sesuai dengan peraturan gulat Internasional dari Fila yang sudah disyahkan oleh PB. PGSI. Selama bertanding pegulat harus memakai baju gulat Internasional (wrestlingsuit) sesuai dengan warna dari sudut mana dia berada, biru atau merah. Wasit berada di atara kedua pegulat di lingkaran tengah, pada waktu pegulat tinggal diam beberapa saat maka wasit berteriak “open” agar daerah serangan dibuka untuk memberi kesempatan pada lawan melakukan serangan.  Untuk perintah melakukan serangan wasit berteriak “action” dan “contact” jika pegulat tidak melaksanakan perintah wasit, maka wasit akan menghentikan pertandingan dan memberikan peringatan.
Setelah Olympic Games tahun 1964 di Tokyo, Jepang, waktu pertandingan menjadi 3 x 3 menit jatuhan, sebelumnya pertandingan berlangsung selama 12 menit. Pegulat dinyatakan kalah jatuhan bila pundaknya mengenai lantai dalam hitungan 10 (sepuluh).
Olahraga gulat mempertandingkan 2 macam gaya yaitu gaya bebas dan gaya Yunani-Romawi dan masing-masing meliputi kelas-kelas  :
1.       kelas 48 kg                                  6.   kelas 74 kg
2.       kelas 52 kg                                  7.   kelas 82 kg
3.       kelas 57 kg                                  8.   kelas 90 kg
4.       kelas 62 kg                                  9.   kelas 100 kg
5.       kelas 68 kg                                  10. kelas 100 kg + (over + 100 kg)
Susunan organisasi PGSI berbentuk piramida dan vertical, berjenjang mulai dari perkumpulan-perkumpulan, pengurus Kabupaten/Kotamadya, kota (Administratif), Propinsi sampai tingkat Pusat. Masa kepengurusan besar paling lama 4 tahun dan pengurus cabang 2 tahun.
Sumber  :  Buku Petunjuk dan Data Olahraga Nasional oleh KONI pada Tahun 1986.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply