Peraturan Kelengkapan Judo

Category : JUDO, POJOK ARTIKEL
Peraturan Kelengkapan Judoby adminon.Peraturan Kelengkapan JudoJudo adalah salah satu cabang olahraga bela diri.  Dalam beladiri Judo, menyakiti lawan adalah sesuatu yang di larang, apa lagi jika sampai sampai berakibat fatal. Hal itu malah menjadi larangan dalam peraturan judo. Olahraga beladiri judo mempunyai beberapa peraturan. Antara lain; 1. Peraturan kelengkapan dan tempat, 2. Peraturan permainan atau pertandingan, 3. Peraturan tata krama, […]

Judo adalah salah satu cabang olahraga bela diri.  Dalam beladiri Judo, menyakiti lawan adalah sesuatu yang di larang, apa lagi jika sampai sampai berakibat fatal. Hal itu malah menjadi larangan dalam peraturan judo.

Olahraga beladiri judo mempunyai beberapa peraturan. Antara lain; 1. Peraturan kelengkapan dan tempat, 2. Peraturan permainan atau pertandingan, 3. Peraturan tata krama, dan 4. Larangan-larangan dalam pertandingan judo .

Peraturan Kelengkapan Judo

Masing-masing peraturan dapat dijelaskan sebagai berikut:  Peraturan kelengkapan meliputi;

a. Lapangan Pertandingan Judo

Lapangan Judo  disebut Dojo beralaskan matras atau disebut juga dengan tatami. Lapangan Judo berbentuk persegi empat dengan luas tatami minimal adalah 14 x 14 meter dan maksimal 16 x 16 meter.Daerah pertandingan berukuran minimal  8 x 8 meter dan maksimal 10 x 10 meter.Tiap tatami berukuran 1 x 2 meter sehingga jumlah tatami yang dibutuhkan oleh suatu Dojo sekurang-kurangnya sebanyak 128 lembar;18 lembar di antaranya berwarna merah sebagai pembatas daerah pertandingan.

b. Pakaian (Judogi)

Pakaian khusus berwarna putih yang terdiri dari celana dan baju.Celana yang dipergunakan adalah celana panjang yang cukup longgar yang mempunyai ketinggian bagian bawah sekitar 5 cm di atas mata kaki.Sedangkan baju harus tebal dan longgar.Bagian tangannya harus panjang,sekitar 5 cm dari pergelangan  tangan dan lebarnya harus bisa dimasuki sampai ke batas siku,kira-kira selebar 10-15 cm. Karena jaket ini dirancang untuk menahan benturan tubuh akibat dibanting ke lantai, maka bahannya umumnya lebih tebal dari seragam karate (karategi) atau bela diri yang lain

c. Ikat pinggang 

Ikat pinggang atau obi yang warnanya sesuai dengan tingkatan Masing-masing pejudo. Ikat pinggang harus cukup panjang sehingga menyisakan 20-30 cm menjuntai pada masing-masing sisi.

Warna sabuk
Remaja di bawah 16 tahun.
1. KYU 5 = sabuk kuning;
2. KYU 4 = sabuk oranye;
3. KYU 3 = sabuk hitam;
4. KYU 2 = sabuk biru;
5. KYU 1 = sabuk cokelat.

Taruna usia 16–20 tahun (putra), 16–19 tahun (putri) dan dewasa/senior.
1. KYU 5–4 = sabuk biru;
2. KYU 3–1 = sabuk cokelat;
3. DAN 1–5 = sabuk hitam;
4. DAN 6–8 = sabuk merah putih/hitam;
5. DAN 9–10 = sabuk merah atau hitam.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply