Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga Yang Perlu Anda Ketahui

Category : Tips dan Trik
Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga Yang Perlu Anda Ketahuiby adminon.Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga Yang Perlu Anda KetahuiManfaat Pemanasan Sebelum Olahraga Yang Perlu Anda Ketahui, Sebelum melakukan pemanasan, kondisi otot-otot kita sangat kaku. Otot tidak fleksibel dan tidak siap melakukan gerakan-gerakan olahraga, sehingga olahraga tanpa pemanasan dapat menyebabkan cedera. Pemanasan dapat menaikkan suhu otot sehingga dapat lebih fleksibel dalam berkontraksi dan relaksasi. Kekuatan serta kecepatan otot juga meningkat. Dengan demikian, kita dapat terhindar […]

manfaat pemanasan sebelum olahragaManfaat Pemanasan Sebelum Olahraga Yang Perlu Anda Ketahui, Sebelum melakukan pemanasan, kondisi otot-otot kita sangat kaku. Otot tidak fleksibel dan tidak siap melakukan gerakan-gerakan olahraga, sehingga olahraga tanpa pemanasan dapat menyebabkan cedera. Pemanasan dapat menaikkan suhu otot sehingga dapat lebih fleksibel dalam berkontraksi dan relaksasi. Kekuatan serta kecepatan otot juga meningkat. Dengan demikian, kita dapat terhindar dari resiko cedera saat melakukan olahraga.

Warming up juga dapat memperlancar peredaran darah sehingga suplai oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar dan lebih baik. Dengan suplai oksigen yang lebih baik maka performa fisik dalam berolahraga juga akan meningkat. Pemanasan juga memiliki manfaat psikologis, yaitu meningkatkan mental dan fokus selama berolahraga. Pemanasan membuat fisik dan pikiran menjadi lebih rileks dan tenang sehingga ketegangan akan berkurang.

Pemanasan dapat mengurangi asam laktat pada tubuh. Asam laktat adalah zat yang diproduksi jika kita melakukan aktivitas fisik. Ketika kita berolahraga asam laktat akan meningkat. Asam laktat yang berlebihan akan ditimbun dalam darah dan otot. Jika terlalu banyak asam laktat dalam tubuh, akan dapat mengganggu kesehatan.

Kondisi otot yang fleksibel, lancarnya peredaran darah, meningkatnya mental dan fokus serta berkurangnya asam laktat dalam tubuh akan membuat performa kita dalam berolahraga meningkat. Performa tubuh yang meningkat akan membuat kita dapat lebih baik dalam melakukan olahraga.

Bagaimana Cara Melakukan Pemanasan?

Pemanasan tidak perlu dilakukan dalam waktu lama, cukup kurang lebih 5 sampai 15 menit atau sampai tubuh terasa panas dan berkeringat. Contoh aktivitas untuk pemanasan adalah jogging ringan, aerobik ringan, lari-lari kecil di tempat, atau senam ringan.

Untuk melengkapi aktivitas pemanasan, kita dapat melanjutkannya dengan peregangan atau biasa disebut streching. Tujuannya agar otot lebih lentur pada saat berolahraga. Ini akan membuat tubuh dapat melakukan lebih banyak gerakan dan tentunya menghindarkan kita dari resiko terkena kram otot.

Sekarang sudah tau kan manfaat pemanasan? Jadi, jangan lupa ya melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply