2 jenis gaya dalam olahraga gulat

Category : GULAT, POJOK ARTIKEL
2 jenis gaya dalam olahraga gulatby adminon.2 jenis gaya dalam olahraga gulatGulat merupakan salah satu olahraga yang perlu pembinaan secara signifikan agar teknik-teknik dalam pergulatan tidak kaku bagi atlet dalam melakukan, bahkan atlet menjadikan olahraga gulat ini olahraga yang menarik dan menyenangkan untuk terus dikembangankan yang nantinya dapat membina bakat dan mempertinggi prestasi atlet tersebut. Dalam olahraga ini diperlukan kekuatan dan daya tahan tubuh, selain itu […]

Gulat merupakan salah satu olahraga yang perlu pembinaan secara signifikan agar teknik-teknik dalam pergulatan tidak kaku bagi atlet dalam melakukan, bahkan atlet menjadikan olahraga gulat ini olahraga yang menarik dan menyenangkan untuk terus dikembangankan yang nantinya dapat membina bakat dan mempertinggi prestasi atlet tersebut.

2 jenis gaya dalam olahraga gulat

Dalam olahraga ini diperlukan kekuatan dan daya tahan tubuh, selain itu faktor-faktor lain yang mempengaruhi gerak berupa kecepatan, kelincahan, dan reaksi, karena tanpa adanya keserasian dan keseimbangan kecepatan otot yang baik, sebuah teknik gulat tidak akan menghasilkan gerakan dengan kecepatan yang optimal. Untuk meningkatkan kecepatan, agility, dan reaksi khususnya pada gerak menahan serangan lawan (counter attak), maka perlu dilakukan perpaduan latihan dari tiga komponen tersebut. dengan melalui perbaikan kualitas gerak (skill), berupa teknik gerakan pada kecepatan, kelincahan, dan reaksi. Agar memperoleh hasil yang optimal.

  1. Terdapat 2 jenis gaya dalam olahraga gulat diantaranya :
  2. gulat gaya yunani-romawi ( Greco roman )

1. gulat gaya Yunani-Romawi memperbolehkan peserta menggunakan lengan dan tubuh bagian atas untuk saling bergulat.

Mereka tidak boleh menggunakan kaki untuk melakukan kontak dengan lawan atau menggunakan tangan di bawah pinggang. Sebagai hasilnya, terjadi lebih banyak lemparan dibanding gulat gaya bebas, dengan tujuan keduanya untuk memiting bahu lawan ke lantai selama dua detik. Poin juga diperoleh untuk lemparan dan gerakan takedown, dengan pertandingan segera dinyatakan berakhir jika pegulat memperoleh keunggulan poin 6-0 Pertarungan berlangsung dalam tiga ronde yang terdiri dari dua menit aksi, dengan matras gulat lingkaran tengah berukuran lebar delapan meter.

Sebagai pertarungan kekuatan dan keahlian untuk mencoba menguasai lawan, gulat telah menjadi begitu rumit selama bertahun-tahun dalam hal teknik yang digunakan oleh para pegulat. Kompetisi gulat di London 2012 digelar dengan sistem gugur langsung, melibatkan tujuh kategori berat mulai dari kelas hingga 55 kg sampai dengan 96-120 kg.

  1. gulat gaya bebas

gulat gaya bebas memperbolehkan peserta menggunakan lengan dan seluruh tubuh bagian untuk saling bergulat. Mereka boleh menggunakan kaki untuk melakukan kontak dengan lawan atau menggunakan tangan di bawah pinggang.

Sebagai hasilnya, terjadi lebih banyak kuncian dibanding gulat gaya Greco roman, dengan tujuan keduanya untuk memiting bahu lawan ke lantai selama dua detik. Poin juga diperoleh untuk lemparan dan gerakan takedown, dengan pertandingan segera dinyatakan berakhir jika pegulat memperoleh keunggulan poin 6-0 atau posisi pundak lawan sudah menyentuh permukaan matras selama 5 detik Pertarungan berlangsung dalam tiga ronde yang terdiri dari dua menit aksi, dengan matras gulat lingkaran tengah berukuran lebar delapan meter. Pertandingan olahraga gulat dilakukan di atas matras, berukuran 12 x 12 meter sesuai dengan peraturan gulat internasional Peraturan pertandingan yang dipakai juga peraturan pertandingan gulat internasional dari FILA yang sudah disahkan oleh PB. PGSI.

Pegulat selama bertanding harus memakai baju internasional (wrestlingsuit) sesuai dengan warna dari sudut mana dia berada, biru atau merah. Wasit berada diantara kedua pegulat di lingkaran tengah, satu tangan diluruskan ke depan, kemudian peluit dibunyikan dan lengan wasit ditarik kembali. Pada waktu bertanding, bilamana kedua pegulat tinggal diam beberapa saat maka wasit berteriak open agar supaya daerah serangan dibuka untuk memberi kesempatan pada lawannya melakukan serangan. Setelah itu diharapkan kedua pegulat mengadakan kontak satu sama lain. Setelah kedua pegulat itu mengadakan kontak maka diharuskan adanya serangan salah satu pihak, kalau tidak maka wasit harus berteriak action.

Setiap kali wasit berteriak open, action, ataupun contact, pegulat harus mengerjakan hal itu. Kalau pegulat itu tidak bereaksi maka wasit wajib menghentikan pertandingan dan memberikan peringatan kepada kedua pegulat itu. Bila hal ini terulang setujuan juri atau pres met wajib memberikan suatu angka hukuman. Pemberian angka hukuman ini secara jelas dilakukan oleh wasit sedemikian rupa sehingga juri dan ketua pertandingan serta umum jelas melihatnya. Wasit memanggil kedua pegulat pada lingkaran tengah menghadap ketua pertandingan, salah satu tangan wasit memegang pergelangan tangan pegulat yang mendapat hukuman lurus ke bawah di sisi badan. Sedangkan tangan terbuka, semua jari lurus ke atas dan rapat satu sama lain. Juri dan ketua pertandingan mengangkat papan angka satu yang berwarna sesuai dengan tangan wasit yang diangkat. Ini menunjukkan bahwa satu angka diberikan kepada pegulat yang berwarna merah, maka juri mengangkat papan merah yang berangka 1.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply